Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Pengertian Reklame: Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh

Pengertian Reklame
Pengertian Reklame: Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh


Reklame adalah salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian dan mempromosikan produk atau jasa. Reklame dapat berupa iklan di televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, billboard, dan lainnya. Reklame telah menjadi bagian penting dari kehidupan modern sebagai cara untuk mempromosikan produk dan layanan.

Pengertian reklame

Pengertian reklame adalah suatu proses pemasaran yang bertujuan untuk menciptakan minat dan mempengaruhi perilaku pelanggan dengan menggunakan media massa. Reklame biasanya mencakup penggunaan iklan, promosi, dan publisitas untuk mencapai tujuan tertentu. Reklame dapat dilakukan melalui berbagai macam media, termasuk televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, billboard, dan lainnya.

Ciri-ciri reklame adalah:

(1) Menyampaikan pesan;

(2) Pesan tersebut harus menarik perhatian audiens;

(3) Pesan harus mudah dipahami;

(4) Pesan harus menonjolkan manfaat produk atau jasa;

(5) Pesan harus mengandung informasi yang relevan;

(6) Pesan harus menggunakan bahasa yang sesuai dengan audiens;

(7) Pesan harus menggunakan gambar atau ilustrasi yang menarik; dan

(8) Pesan harus menggunakan warna yang tepat.

Fungsi reklame

Fungsi reklame adalah untuk menarik perhatian orang tentang produk atau jasa yang ingin dipromosikan. Reklame juga bertujuan untuk memberikan informasi tentang produk atau jasa tersebut, meningkatkan citra merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Tujuan reklame

Tujuan reklame adalah untuk meningkatkan pengetahuan masyarakat tentang produk atau jasa yang ingin dipromosikan. Tujuan ini dicapai dengan menciptakan minat dan mempengaruhi perilaku pelanggan. Reklame juga bertujuan untuk meningkatkan citra merek, meningkatkan penjualan, dan meningkatkan loyalitas pelanggan.

Contoh reklame

Contoh reklame adalah iklan televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, billboard, dan lainnya. Contoh iklan televisi misalnya adalah iklan deterjen, obat-obatan, makanan, minuman, dan lainnya. Contoh iklan radio misalnya adalah iklan mobil, asuransi, bank, dan lainnya. Contoh iklan surat kabar misalnya adalah iklan properti, barang elektronik, dan lainnya. Contoh iklan majalah misalnya adalah iklan fashion, parfum, dan lainnya. Contoh iklan internet misalnya adalah iklan online shop, game, dan lainnya. Contoh iklan billboard misalnya adalah iklan film, acara musik, dan lainnya.

Reklame merupakan salah satu bentuk komunikasi yang digunakan untuk menarik perhatian dan mempromosikan produk atau jasa. Reklame dapat berupa iklan di televisi, radio, surat kabar, majalah, internet, billboard, dan lainnya. Ciri-cirinya adalah menyampaikan pesan, menarik perhatian audiens, mudah dipahami, menonjolkan manfaat produk atau jasa, menggunakan yang sesuai dengan audiens.

Calon Bloggers
Calon Bloggers Saya seorang pemimpi yang Fokus untuk mencapai tujuan, meskipun banyak hal yang menarik dalam perjalan akan slalu berjuang untuk mendapatkan mimpiku yang belum tercapai.

Posting Komentar untuk "Pengertian Reklame: Ciri-ciri, Fungsi, Tujuan dan Contoh"